Cara menghilangkan kolom link website di WordPress

Menghilangkan kolom website di kotak komentar wordpress ini bertujuan untuk “menghalau” komentar-komentar spam. Komentar spam adalah masalah besar bagi banyak blog. Alasan terbesar komentar spam adalah si spammer ingin mendapatkan backlink dengan menggunakan kolom url situs web di formulir komentar WordPress.

Karena sebagian besar spam dihasilkan oleh bot otomatis, Anda dapat dengan mudah memerangi spam komentar dengan menggunakan alat dan plugin gratis misalnya plugin Akismet.

Namun yang lebih sulit adalah mencegah komentar spam yang dikirim secara manual oleh manusia. Komentar yang tidak diinginkan ini dikirimkan oleh seseorang dan seringkali di luar topik, tidak relevan, dan tidak menambah nilai pada diskusi.

menghilangkan kolom website di kotak komentar wordpress
Cara menghilangkan kolom link website di Wordpress 5

Di artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menghilangkan kolom website di kotak komentar WordPress. Kami juga akan menjelaskan mengapa menghapus bidang URL dari formulir komentar akan membantu Anda mencegah spam.

Menghilangkan kolom website di kotak komentar WordPress

Mengapa Orang Mengirim Komentar SPAM? Ciri-ciri kometnar spam adalah isi komentar tidak sesuai dengan topik yang sedang dibahas, nama komentator berupa kata kunci dan isi komentar yang terlalu umum. Namun dapat kita maklumi, mengapa mereka mengirimkan komentar spam tersebut; Jawaban singkat untuk pertanyaan itu adalah SEO atau Search Engine Optimization. Mari kita lihat secara detail.

Pernahkah Anda menerima komentar dari pengguna seperti “Tema WordPress Terbaik”, “Menghasilkan Uang Online”, atau “Nama Blog” di situs web Anda? Mengapa mereka menggunakan kata kunci seperti itu ketimbang nama asli mereka?

Secara default, formulir komentar WordPress memiliki empat bidang: kolom nama, email, URL website, dan kotak komentar.

Saat menampilkan komentar, WordPress secara otomatis membuat hyperlink nama pemberi komentar dengan URL website yang mereka tuliskan. Backlink ini memberikan efek bagi pemasar SEO blackhat dan blogger pemula.

Mereka percaya trik ini dapat membantu mereka mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk kata kunci tertentu di mesin pencari. Inilah sebabnya mengapa saya menghapus bidang URL sama sekali dari form komentar blog CahBorneo ini. Dengan melakukan ini, kami dapat mengurangi jumlah komentar spam di situs ini.

Karena itu, mari kita lihat cara mudah menghilangkan kolom website di kotak komentar blog WordPress. Kami akan membahas dua metode berbeda, dan Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai untuk Anda.

Menghilangkan kolom website menggunakan plugin

Metode ini lebih mudah dan sangat direkomendasikan untuk semua pengguna.

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Comment Link Remove and Comment Tools. Untuk instruksi terperinci, silakan ikuti panduan langkah demi langkah kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah plugin diaktifkan, Anda akan melihat item menu bernama “QC CLR Settings” di sidebar kiri panel admin WordPress Anda. Klik dan anda akan dibawa ke halaman pengaturan plugin.

Setelah itu, Anda perlu mencentang kotak di samping opsi “Remove WEBSITE Field from Comment Form”.

Setelah selesai, scroll ke bagian bawah halaman dan klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan pengaturan.

Karena Anda sedang login d dashboard website anda, maka anda tidak akan melihat kolom komentar lengkap saat mengunjungi artikel di situs web Anda.

Anda harus keluar dari area admin WordPress atau membuka jendela browser baru. Setelah itu, Anda dapat mengunjungi postingan apa pun di situs WordPress Anda untuk melihat formulir komentar tanpa bidang URL situs web.

Dengan menghapus kolom situs web akan membuat pengguna yang hanya ingin berkomentar untuk mendapatkan backlink menjadi tidak tertarik untuk berkomentar. Ini adalah salah satu trik pencegah komentar spam.

Namun, komentar yang sudah disetujui (yang telah menuliskan alamat websitenya sebelum kolom website dihapus), akan tetap ditautkan ke URL situs web mereka.

Untuk menghapusnya, Anda perlu kembali ke halaman pengaturan plugin ini dan centang kotak di sebelah opsi “Remove hyperlink from comment AUTHOR Bio”.

Dengan memberikan centang pada “Remove hyperlink from comment AUTHOR Bio” ini maka link dari komentar yang sudah ada pun juga akan dihapus.

Cara menghilangkan kolom website secara Manual (tanpa plugin)

Mungkin karena beberapa pertimbangan, beberapa pemilik blog wordpress ingin menghilangkan kolom website secara manual daripada menggunakan plugin. Kabar baiknya adalah Anda pasti dapat menghapus bidang situs web dari formulir komentar dengan bantuan kode-kode. Dan disini akan saya bagikan kepada anda kode tersebut yang saya dapatkan dari berbagai sumber.

Untuk memulai, Anda perlu membuat backup penuh dari situs WordPress Anda. Ini akan membantu Anda memulihkan file situs web jika Anda merusak sesuatu saat mengedit file tema.

Selanjutnya, Anda perlu menyalin dan menempelkan kode berikut ke file functions.php tema Anda atau plugin khusus situs:

add_filter ('comment_form_default_fields', 'unset_url_field');
function unset_url_field ($ fields) {
if (isset ($ fields ['url']))
tidak disetel ($ ladang ['url']);
return $ fields;
}

Kode ini hanya menghapus bidang situs web dari formulir komentar WordPress Anda. Anda dapat mengunjungi blog di situs web Anda menggunakan browser lain untuk melihat hasilnya.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara menghilangkan kolom website di kotak komentar WordPress anda. Selamat mencoba!

About Cah Qeenee

Avatar of Cah Qeenee
Seorang autodidacter yang menyukai hal baru. Melalui blog CahBorneo.Com ini, mencoba menuliskan pengalaman sebagai pengingat dan berbagi tentang cara optimalisasi SEO blog, bisnis online serta hal terkait komputer.

Cek juga yang ini gan!

Theme wordpress paling ringan responsive dan keren loading paling cepat

Theme wordpress paling ringan responsive dan seofriendly

Theme wordpress paling ringan responsive dan seofriendly  | Sudah banyak tema wordpress yang saya coba, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *