Cara edit file hosts windows agar bisa tersimpan

Edit file hosts ini sebenarnya sangat mudah dan simple. Namun bila tidak tau caranya ya jadi ribet. Cara edit file hosts di windows ini juga sudah lama ingin saya posting disini namun selalu “kelupaan”. Selain itu juga karena saya pikir pasti sudah pada tau semua hehehe. Namun masalah editing hosts file ini harus segera saya tuliskan mengingat ada beberapa artikel di cahborneo ini yang berhubungan dengan file hosts dan cukup banyak yang bingung ketika dalam sebuah ahalaman saya sebutkan untuk mengedit file hosts ini.

File host merupakan salah satu hal terpenting pada windows. Dengan menambahkan beberapa baris perintah di host file, kita bisa “mengendalikan” windows di komputer kita.

Cara edit file hosts Windows

cara edit file hosts windows agar bisa tersimpan

Buat anda yang masih bingung dengan cara menyimpan file hosts di windows yang telah diedit dan tidak bisa-bisa, berikut langkah-langkah agar bisa tersimpan. Baca dan ikuti cara yang saya tuliskan satu persatu. Jangan sampai ada yang tertinggal satu langkah pun.

  1. Klik Start lalu ketikkan “Notepad” (tanpa tanda petik) dalam kotak pencarian
  2. Klik kanan pada Notepad kemudian pilik Run As administrator
  3. Klik Yes jika muncul halaman notifikasi
  4. Setelah Notepad terbuka, klik menu File kemudian pilih Open.. (Ctrl+O)
  5. Buka folder “etc” yang biasanya berada di lokasi C:\Windows\System32\drivers\etc
  6. Ganti “Text Documents (*.txt)” menjadi All Files
  7. Pilih file hosts lalu klik Open
  8. Tuliskan apa saja yang ingin anda tambahkan dalam file hosts
  9. Klik Save untuk menyimpan
  10. Selesai

Video tutorial cara simpan file hosts

File hosts tidak bisa tersimpan?

Mengapa anda tidak bisa menyimpan file hosts yang telah di edit? Jawabannya sangat simple. Karena anda membuka aplikasi notepad tidak menggunakan administrator (run as administrator). Hanya itu permasalahannya.

Pada kasus-kasus tertentu, agar kode yang anda tambahkan pada file hosts ini bisa berjalan, anda perlu untuk merestart komputer anda. Namun ada juga yang tidak memerlukan tindakan ini. Semoga bermanfaat!

About Cah Qeenee

Seorang autodidacter yang menyukai hal baru. Melalui blog CahBorneo.Com ini, mencoba menuliskan pengalaman sebagai pengingat dan berbagi tentang cara optimalisasi SEO blog, bisnis online serta hal terkait komputer.

Cek juga yang ini gan!

Pengunjung blog ini mencapai 1K

Pengunjung blog ini Website Traffic – Pagi-pagi iseng buka google analitycs untuk blog cahborneo ini, …

6 comments

  1. Makasih infonya gan..

  2. sangat membantu sekali

  3. sayangnya file hosts win 7 hanya read only (tidak bisa save) walau sudah menggunakan open “run as administrator”, ada kah solusinya gan ?

    • Hilangkan settingan Read only-nya gan.. caranya cari file hosts lalu klik kanan pilih properties. Hilangkan centang pada kotak Read-only kemudian klik Apply > Continue > Ok
      File hosts sudah bisa di edit dan di simpan

  4. sangat membantu gan
    mantap !!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *