Tips dan TrikWordpress

Cara cepat menghilangkan URL Error

How to Fix URL Errors – Cara cepat menghilangkan URL error secara otomatis ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi. Setelah blog ini sempat menghilang dari peredaran disebabkan oleh human error (adminnya yang error wkwk). Ditambah lagi dengan program baru dari google yaitu Google Penguin 2, “nasib” blog ini jadi tambah kembang kempis. Namun syukur alhamdulillah, salah satu dari sekian banyak masalah yang ada dalam blog ini sudah teratasi. Dan hasilnya akan saya share kepada Anda.

cara cepat menghilangkan url error

Menghilangkan URL Error

Invalid URL Error – Apa itu URL Error dan dimana Anda bisa menemukannya? URL error menurut Google yaitu “Google could access your site, but couldn't successfully crawl all your URLs”. Maksudnya ialah Google bisa mengakses situs Anda, tapi tidak berhasil menjelajah semua URL Anda yang disebabkan karena link telah mati dan lain sebagainya. URL Error ini jika dirinci lagi, terbagi dalam 6 kelompok (menurut Google) yaitu: Not found, Not followed, Access denied, Server error, Soft 404, dan Google News-specific errors. Dan yang akan kita bahas kali ini ialah yang berhubungan dengan link yang tidak ditemukan atau 404 (Not Found).

URL 404 Error – Not Found yaitu keadaan dimana Google tidak menemukan konten dengan mengikuti link dari satu halaman ke halaman lainnya. Umumnya, kesalahan Status Not Found ini ( biasanya kode status HTTP 404 ) dikembalikan ketika Googlebot mencoba untuk mengunjungi halaman yang tidak ada – baik karena Anda menghapus atau diubah namanya tanpa mengalihkan URL lama ke halaman baru , atau karena kesalahan ketik pada link. URL yang error bisa berasal dari link blog Anda yang telah berubah atau bisa juga dari eksternal link yang ada dalam blog Anda. Untuk mengetahui apakah link yang ada dalam blog Anda ada yang  error atau tidak, silahkan buka webmaster Google lalu pilih tab Crawl > Crawl Error klik Not Found. Dari sini Anda akan dapat melihat ada atau tidaknya URL yang error pada blog Anda.

Related Articles

Cara Menghilangkan URL Error – Not Found

Cara menghilangkan url error ini bisa Anda lakukan dengan cara manual untuk memperbaikinya. Misalnya yang error itu adalah link postingan yang terhapus maka Anda bisa membuat postingan ulang dengan link yang sama persis dengan link yang error tersebut. Memanag cara ini memerlukan waktu dan kesabaran yang tinggi (bagi Anda yang sabar hehehe).

Bagi Anda yang termasuk dalamkategori” tidak sabar” dalam menghilangkan URL Error ini, bisa menggunakan tehnik penambahan kode saja. cara kerja dari kode ini ialah me-redirect (mengalihkan) semua link yang telah mati ke halaman utama (home) blog. Jika Anda lebih suka menggunakan cara ini, silahkan ambil kode scriptnya dibawah ini . (saya juga menggunakan cara ini) :)

Tambahkan kode dibawah ini dalam file 404.php

<?php
header("HTTP/1.1 301 Moved Permanently");
header("Location: ".get_bloginfo('url'));
exit();
?>

Video cara menghilangkan URL Error

How to Fix URL Problems – Cara menggunakan kode script ini yaitu dengan menempatkan kode tersebut dalam file 404.php. Silahkan video tutorial cara menghilangkan url error dibawah ini.

Semoga artikel cara menghilangkan url error ini bermanfaat bagi Anda dan membantu menghilangkan error link yang ada di google webmaster.

Cah Qeenee

Seorang autodidacter yang menyukai hal baru. Menuliskan pengalaman cara optimalisasi SEO blog, cara mendapatkan uang online serta hal terkait komputer.

Related Articles

27 Comments

    1. Makasih infonya gan..
      Sudah saya pindah file downloadnya (tidak lagi di googlesite.com)
      Silahkan di download ulang kalau belum ;)

  1. Maaf mas, saya pake blogspot. itu cara penyimpanan kode tersebut itu dimmana ya, kan katanya di 404.php, nah kalau di template blogger dimana?

    1. Di blogspot memang tidak ada gan 404.php.
      Kalau di blogspot langsung beri centang semua saja lalu klik tombol “Tandai sebagai telah diperbaiki” pada webmaster

  2. terima kasih untuk artikelnya Mas.. memang pada saat ini masih banyak sekali error 404 pada blog saya..sukses selalu..

  3. Kalau misal di crawl errorny dari plugin/feedback.php dan di block dari robots.txt bagaimana caranya ya,, jika menggunakan blogspot

    1. Loh.. blogspot kok pake plugin dan PHP gan??
      Setahu saya crawl error pada blogspot biasanya ada link postingan atau link gambar yang hilang akibat terhapus atau link sudah tidak aktif lagi.
      Kalau pakai plugin biasanya bukan blogspot, melainkan wordpress atau joomla.
      Nhaa kalau di block dari robot.txt maka agar tercrawl oleh google ya harus dihapus dari robot.txt-nya gan..

      1. Justru itu yang saya tanyakan gan,, setau saya juga begitu,, ane cari di template juga tidak ketemu feedback.php,, maksut ane agar tidak di crawl oleh google plugin tersebut,, ada solusi gan?

        1. Kalau gitu tambahkan aja kode plugin/feedback.php di robot.txt blog agan..
          Untuk menambahkan atau editing robots.txt, masuk ke Setelan > Preferensi Penelusuran, pada Robots.txt klik Edit kemudian klik Ya, kemudian tulis kode robots.txt yang diinginkan > Simpan Perubahan

          1. Ia gan.. itu sudah benar..
            Kalau ingin lebih lengkap, seperti ini Disallow : /plugin/feedback.php

    1. File apa sis? file di website atau di komputer? coba kirim kesini linknya.. saya bantu bukakan dari sini.. mudahan bisa

  4. Nice info gan, saya juga mau berbagi tips tentang produk apple
    Cara memperbaiki iPhone iPad dan Mac lcd berbayang bernoda bergaris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button