Apa itu Pagerank? Seberapa Pentingkah?

Backlink, SEO37 Views
download database eset update offline

Pagerank Google itu apa ya? Jika anda adalah penikmat blog CahBorneo.Com ini, tentu anda akan banyak menemukan artikel yang memuat kata pagerank, google pagerank dll. Sebenarnya pagerank itu apa dan seberapa penting untuk blog sih? Mari kita simak!Daftar Isi

Apa itu pagerank?

apa itu pagerank ? PageRank adalah algoritma otoritas tautan yang dibuat oleh Google

PageRank adalah algoritma otoritas tautan yang dibuat oleh Google. Pagerank atau yang lebih sering ditulis dengan PR ini berguna untuk membantu mesin telusur membandingkan halaman yang memenuhi syarat untuk kueri tertentu. Ini didasarkan seberapa sering halaman tersebut direferensikan berupa tautan di halaman situs lain.

free bitcoin 2022

Bagi Google, tautan itu seperti suara. Selain itu, google juga menganggap bahwa beberapa suara cenderung lebih penting daripada yang lain. PageRank adalah cara Google menghitung suara tautan dan menentukan halaman mana yang paling penting berdasarkan suara tautan. Kemudian skor ini digunakan bersama dengan berbagai faktor lainnya untuk mengevaluasi apakah suatu halaman akan berperingkat baik di mesin pencari atau tidak.

Jadi PageRank merupakan istilah untuk mengambarkan skor situs berdasarkan kalkulasi dari kuantitas dan kualitas tautan masuk. Ini dilakukan algoritma Google sebagai salah satu faktor penentu peringkat sebuah website. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google.

Cara kerja Pagerank

Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan tautan yang mengarah ke situsnya. Dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. Untuk menentukan peringkat sebuah halaman website, PageRank menggunakan skala numerik 0-10. Di mana 0 adalah PR terendah sedangkan 10 adalah yang tertinggi. Contoh, Sebuah situs yang mempunyai peringkat halaman 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam daftar pencarian Google. Selanjutnya dibahnya situs yang mempunyai peringkat halaman 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Konsep Pagerank

Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas atau rangking sebuah halaman web. Mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain yang mungkin digunakan.

Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain. Contoh Meta Keywords, Meta Description yang bisa “dicurangi” dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine. Dengan algoritme ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link dan outbound link dari setiap halaman web.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif. Dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Algoritma Pagerank yang digunakan Google

Dari pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep pagerank, Lawrence Page and Sergey Brin membuat algoritme pagerank seperti di bawah:

Algoritma awal

PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

Salah satu algoritme lain yang dipublikasikan

PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

PR(A) adalah Pagerank halaman A
PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindeks oleh Google)

Dari algoritme di atas dapat dilihat bahwa pagerank ditentukan untuk setiap halaman anda bukan keseluruhan situs web. Pagerank sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kepadanya. Dimana halaman tersebut juga menjalani proses penentuan pagerank dengan cara yang sama. Jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat.

Akan tetapi pagerank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju. Akan tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link). Dan pagerank itu akan dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut. Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”.

Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, kemudian dikalikan dengan faktor yang bernilai 0 sampai 1. Hal ini dilakukan agar tidak keseluruhan nilai pagerank halaman T didistribusikan ke halaman A.

Random surfer model

Random surfer model merupakan pendekatan yang menggambarkan bagaimana sesungguhnya yang dilakukan seorang pengunjung di depan sebuah halaman web. Ini berarti peluang atau probabilitas seorang user mengklik sebuah link sebanding dengan jumlah link yang ada pada halaman tersebut. Pendekatan ini yang digunakan pagerank. Sehingga pagerank dari link masuk (inbound link) tidak langsung didistribusikan ke halaman yang dituju. Melainkan dibagi dengan jumlah link keluar (outbound link) yang ada pada halaman tersebut. Rasanya semua juga menganggap ini adil.

Metode ini juga memiliki pendekatan bahwa seorang user tidak akan mengklik semua link yang ada pada sebuah halaman web. Oleh karena itu pagerank menggunakan damping factor untuk mereduksi nilai pagerank yang didistribusikan sebuah halaman ke halaman lain. Probabilitas seorang user mengkilk link yang ada pada sebuah halaman ditentukan oleh nilai damping factor (d) yang bernilai 0 sampai 1. Nilai damping factor yang tinggi berarti seorang user akan lebih banyak mengklik sebuah halaman sampai dia berpindah ke halaman lain. Setelah user berpindah halaman maka probabilitas diimplemntasikan ke dalam algoritme pagerank sebagai konstanta (1-d) . Dengan mengeluarkan variable inbound link (link masuk), maka kemungkinan seorang user untuk berpindah ke halaman lain adalah (1-d), hal ini akan membuat pagerank selalu berada pada nilai minimum.

Dalam algoritme pagerank yang lain, terdapat nilai N yang merupakan jumlah keseluruhan halaman web. Jadi seorang user memiliki probabilitas mengunjungi sebuah halaman dibagi dengan total jumlah halaman yang ada. Sebagai contoh, jika sebuah halaman memiliki pagerank 2 dan total halaman web 100 maka dalam seratus kali kunjungan dia mengunjungi halaman itu sebanyak 2 kali.Baca juga: Cara mendapatkan backlink PR tinggi dari Yahoo

Seberapa penting pagerank itu?

Jadi, mengapa PageRank itu penting? Karena ini adalah salah satu faktor yang akan dipertimbangkan oleh mesin telusur. MIsalnya seperti Google saat memutuskan hasil mana yang akan ditampilkan di daftar mesin telusur. Faktanya, PageRank adalah merek dagang dari Google; namun, mesin pencari lain juga menggunakan metode serupa.

Namun perlu diketahui bahwa ini bukanlah satu-satunya atau faktor yang paling penting. Pertama-tama, halaman harus relevan dengan permintaan pencarian apa pun. Misalnya, halaman Anda tentang perbankan online tidak akan ditampilkan jika seseorang menelusuri masakan. Terlepas dari segalanya, PageRank penting dalam peringkat mesin pencari.

Ini adalah salah satu teknik yang digunakan Google untuk menentukan relevansi suatu halaman atau kepentingannya. Laman penting akan mendapatkan PageRank yang lebih tinggi, dan laman tersebut juga cenderung muncul di hasil teratas. Google PageRank atau Google PR adalah skala 0-10, dan didasarkan pada backlink. Semakin banyak backlink berkualitas akan menghasilkan Google PageRank yang lebih tinggi.

Cara cek Pagerank web anda

Untuk mengetahui berapa pagerank blog anda saat ini, diinternet banyak sekali situs-situs penyedia layanan pagerank checker. Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci “pagerank checker” lalu pilih salah satu yang ada.

Kesimpulan

Kita sampai pada kesimpulan tentang pagerank ini. Untuk memdapatkan pagreank tinggi salah satunya yang harus anda memiliki adalah backlink. Semakin banyak backlink semakin bagus untuk pagerank anda.

Btw, setelah anda tau tentang “rahasia” dibalik pagerank ini adalah backlink, namun jangan pernah anda bermain curang. Sebab telah sering terjadi bahwa pemilik situs web dalam upaya untuk mendapatkan skor pagerank tinggi dengan cara “menipu sistem”. Membeli tautan yang mengarah ke halaman mereka dengan harapan akan membuat mereka mencapai PageRank yang tinggi. 

Perlu diketahui bahwa, cara tidak etis dan tautan berkualitas rendah seperti itu dapat mengakibatkan dampak negatif dan rendahnya Google PageRank. Selain itu, situs web dapat diblokir atau dihukum oleh mesin pencari. Sebaliknya, preferensi diberikan pada tautan dan konten berkualitas. Oleh karena itu, penting untuk menghindari praktik semacam itu dan ingatlah bahwa mesin telusur cukup pintar untuk menangkap Anda.

bitcoin gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang lainnya..