Perbedaan backlink dofollow dan nofollow

oleh
Perbedaan backlink dofollow dan nofollow Pengertian dan fungsinya

Perbedaan backlink dofollow dan nofollow – Artikel kali ini adalah tentang “teori backlink” meskipun saya yakin anda tidak akan terlalu tertarik dengan “teori” dan akan lebih memilih daftar backlinknya langsung dari pada sekedar membaca ulasan tentang backlink. hehe iya kan?! Namun, terkadang teori itu penting juga loohh.. wkwkwk

Hal penting yang harus dipahami dalam link building adalah tentang jenis-jenis backlink. Karena, jenis backlink ini akan memengaruhi kualitas backlink yang kita peroleh. Backlink dibagi menjadi dua: backlink dofollow dan backlink nofollow. Perbedaan kedua jenis backlink ini jika dilihat dari segi SEO (Search Engine Optimization) memiliki peranan yang berbeda.

theme portal berita terbesar paling ringan seofriendly responsive dan murah

Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Pengertian Backlink Dofollow dan Nofollow

Perbedaan backlink dofollow dan nofollow Pengertian dan fungsinya#1. Backlink dofollow: dofollow memiliki arti mengikuti. Maksudnya, jika di dalam sebuah laman web terdapat sebuah link maka setiap ada mesin perayap (crawler) yang sedang merayapi laman tersebut, mesin perayap itu akan mengidentifikasi dan melanjutkan untuk menelusuri link itu. Link tersebut akan di telusuri dengan catatan link tersebut teridentifikasi sebagai link dofollow. Jadi, mesin perayap juga akan merayapi halaman link dofollow yang dituju tersebut.

Dalam bentuk html, struktur html link dofollow adalah seperti ini:

<a href=”http://cahborneo.com” rel=’dofollow’>belajar dan berbagi seo dan bisnis online</a>

Anda bisa melihat kode dofollow yang diawali dengan tag rel= di dalam script HTML di atas. Kode HTML juga bisa seperti ini (tanpa kode dofollow):

<a href=”http://cahborneo.com”>belajar dan berbagi seo dan bisnis online</a>

Script HTML di atas tanpa kode dofollow. Namun, jika ditanam di dalam sebuah halaman blog maka sifatnya juga bisa dofollow.

Baca juga:

#2. Backlink nofollow: Jika nofollow diartikan sebagai mengikuti, maka nofollow adalah kebalikannya, tidak mengikuti. Maksudnya, jika ada sebuah link nofollow yang tertanam di dalam sebuah halaman blog. Maka mesin perayap tidak akan ikut merayapi link tersebut atau dengan kata lain link nofollow tersebut akan diabaikan oleh crawler.

Struktur html nofollow seperti ini:

<a href=”http://cahborneo.com” rel=’nofollow’>belajar dan berbagi seo dan bisnis online</a>

Cara Mengetahui Link Dofollow dan Nofollow

Untuk mengetahui backlink yang tertanam disebuah blog itu dofollow atau nofollow, anda bisa menggunakan sebuah Add Ons yang tersedia bagi pengguna browser mozill. Namanya, “Nodofollow”. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/nodofollow/
  2. Klik Lanjutkan Mengunduh
  3. Klik Tambahkan ke Firefox
  4. Anda akan masuk proses Instal. Jika nanti muncul perintah restart firefox, silahkan restart.

Untuk menggunakan tools ini, caranya simpel. Kunjungi halaman yang ingin anda tau jenis backlinknya, klik kanan lalu pilih nodofollow. Jika terdapat tulisan yang terblok biru itu menunjukkan bahwa link tersebut link dofollow. Dan jika tulisan terblok merah, maka itu link nofollow.

Fungsi Backlink Dofollow dan Nofollow

1. Backlink dofollow:

  • Menjadi sumber backlink yang cepat terindex; karena sifatnya yang do-follow, maka mesin perayap akan ikut merayapi link yang bersifat “do” ini.
  • Cepat meningkatkan posisi link yang menjadi target backlink; Jika proses index cepat, maka efek yang dihasilkan juga akan cepat. Blog yang dituju oleh link dofollow juga akan cepat terindeks.
  • Menurunkan peringkat alexa. Alexa selalu menjadi pertimbangan banyak blogger. Kabar baiknya, semakin berkualitas link in yang masuk maka ranking alexa pun akan semakin meramping. Itulah fungsi dari dofollow, merampingkah rank alexa.

Baca juga: Cara mendapatkan backlink dari Alexa gratis

2. Backlink nofollow:

  • Membuat backlink terlihat natural. Taukah anda jika di dalam blog anda hanya terdapat backlink dofollow maka Google akan menganggap aneh karena tidak seimbang antara backlink dofollow dan nofollownya. Google itu lebih suka blog yang natural, jadi jika anda pemburu backlink, jangan lupa perhatikan keseimbangan backlinknya ya?!
  • Merampingkan alexa; meskipun proses index nofollow lebih lama tapi alexa masih mempertimbangkan jenis backlink ini sebagai penentu rampingnya ranking alexa.

Sekian sharing tentang “Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow. Semoga bermanfaat!

Author: Cah Qeenee

Gambar Gravatar
Hello mas dan mbak broo.. terimakasih telah mengunjungi blog ini. Blog ini adalah sarana saya menyimpan ilmu dan berbagi apapun yang saya tau dan alami. Bila ada sesuatu, mohon sampaikan dengan bahasa yang sopan dan santun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *