Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Home / SEO / Penyebab blog sepi pengunjung

Penyebab blog sepi pengunjung

/
/
101 Views

Penyebab blog sepi pengunjung – Memiliki blog atau website dengan banyak artikel bukanlah satu-satunya faktor blog tersebut akan ramai dikunjungi oleh orang-orang. Memang, semakin banyak artikel dalam sebuah blog akan semakin baik karena search engine juga menyukai itu. Tapi, apakah hanya dengan memperbanyak postingan lalu pengunjung akan “mendadak” datang dengan tiba-tiba?

faktor penyebab blog sepi pengunjung

Faktor penyebab blog sepi

Ada banyak faktor penyebab blog sepi; dan tentu pada tiap blog berbeda-beda cara mengatasinya. Akan tetapi menurut saya, penyebab blog sepi hanya karena 2 penyebab, yaitu:

#1. Konten (isi) artikel kurang menarik

Content is king. Hampir semua orang setuju bahwa konten adalah raja. Maksud raja disini adalah isi kandungan blog yang bagus, bermanfaat dan memberi informasi kepada pembacanya.

Dari sisi konten, biarpun artikel anda banyak dan panjang-panjang namun tidak dioptimalkan (optimizations) ya tidak akan banyak berpengaruh  terhadap jumlah pengunjung. Mengapa? Karena, orang-orang diluar sana saya rasa tidak banyak yang mencari artikel yang isinya “kurang bagus” seperti artikel curhatan dll. Oleh karena itu tulislah artikel yang banyak orang mencarinya.

Artikel dalam blog saya bagus, kenapa masih sepi ? Mungkin itu pertanyaan yang ingin anda sampaikan bukan?! Jika artikel anda sudah “bagus” tapi masih sepi masih ada kemungkinan lainnya yaitu artikel kurang di optimalkan sehingga search engine (mesin pencari) menempatkan blog anda pada halaman terakhir yang membuat pengunjung “tidak menemukan” blog anda. Nhaa.. kalau blog anda saja “tidak ditemukan”, bagaimana mungkin calon pengunjung datang? Bila pengunjung tidak datang artinya blog sepi. Iya khaan 😀

[wpsm_button color=”black” size=”medium” link=”http://cahborneo.com/postingan-terindex-google/” icon=”link” class=”” target=”_blank”]Baca: Cara agar blog cepat terindeks gogle[/wpsm_button]

#2. Loading blog lambat

Ini adalah penyebab kedua menurut saya. Seberapapun bagus dan bermanfaat isi artikel milik anda; meskipun blog anda berada dihalaman-halamn awal namun bila loadingnya lambat maka calon pengunjung akan lari dari blog anda.

Beberapa kemungkinan yang menyebabkan loading blog lambat, diantaranya:

  • File dalam konten terlalu besar misalnya file gambar yang disertakan dalam artikel. Solusinya, minimalkan ukuran gambar dalam artikel.
  • Terlalu banyak script yang ada dalam blog misalnya java script dari social media atau script bawaan plugin-plugin yang terinstal dll. Solusi, kurangi script-script yang tidak terlalu penting.
  • Lambatnya loading blog juga bisa dipengaruhi oleh tempat dimana file-file anda tersimpan atau biasa dikenal dengan hosting. Hosting yang “tidak diurus” oleh pemiliknya sebaiknya anda tinggalkan 🙂

Itulah beberapa kemungkinan yang menyebabkan blog sepi pengunjung. Dari kedua penyebab diatas silahkan dicek pada blog masing-masing.  Anda bisa menggunakan website GTMetrix atau Pingdom ini untuk menganalisis kecepatan blog anda. Semakin kecil angka yang ditunjukkan oleh Load Time, maka semakin bagus. Sedangkan untuk mengoptimalkan konten dengan seo.

#3. Kurang promosi

Promosi (share) blog di social media sekarang ini perlu dilakukan. Sebab saat ini search engine juga menjadikan jumlah like dan share pada sebuah blog sebagai salah satu faktor ranking di search engine google. Cobalah lakukan shring artikel anda di social media. Bila banyak yang melakukan like atau share ulang, itu berarti artike anda diminati.

Kemungkinan lain penyebab blog sepi

Kemungkinan lain yang menyebabkan blog sepi yaitu template blog anda yang kurang menarik atau bahkan tampilan template anda “kacau” bila dibuka menggunakan browser atau gadget. Anda bisa mnelakukan tes dengan mengakses blog anda melalui gadget untuk mengetahui hasilnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text