Cara Install Windows di ASUS X200


Install Windows di ASUS X200 ini baru pertama kali saya lakukan setelah seseorang meminta untuk mengintalkan laptop yang baru dibelinya. Setelah laptop asus x200ma itu ada ditangan saya, langsung saya hidupkan dan lakukan proses instalasi. Akan tetapi, eng..ing..eng… dari sinilah awal mula permasalahannya.

cara install windows di asus x200Setelah tombol power dipencet, saya langsung pencet tombol F2 untuk merubah settingan bios ke USB Flashdisk. Setelah siap dan laptop restart, yang muncul bukannya booting dari FD melainkan Load FreeDOS (tapi beda dengan FreDOS yang pernah saya bahas) yang diantaranya seperti ini:

Pesan yang muncul

1. load freedos with maximum ram free using emm386

2. load freedos including himem xms-memory driver

3. load freedos without drivers

Setelah googling dan mencoba saran dari sana-sini, akhirnya saya berhasil install windows di asus x200 tersebut. Berikut langkah-langkah step bye step cara install windows di asus x200 yang saya lakukan:

  • Persiapkan alat perang  (flashdisk yang berisi Windows Installer tentunya). Jika belum punya silahkan buat dulu USB windows Installernya. Baca caranya bikin USB Windows Bootable disini. Setelah selesai, lanjutkan baca artikel ini 🙂
  • Update bios asus x200 ke versi terbaru dan merubah settingan booting laptop

Anda bisa mendapatkan file update bios ASUS x200 disini:

Update Bios ASUS X200

Cara update BIOS ASUS X200

  • Download file BIOS terbaru melalui link diatas dan ekstrak (yang saya gunakan versi X200MAAS.506)
  • Copy hasil ekstrak ke flashdisk. Tempatkan file X200MAAS.506 diluar jangan di dalam folder pada flashdisk (nanti tidak ketemu jika ditaruh dalam folder)
  • Tancapkan flashdisk ke port USB (pastikan tidak pada port USB 3.0, biasanya berwarna biru)
  • Masuk BIOS dengan menekan tombol F2
  • Pilih menu Advanced, kemudian pilih Start Easy Flash
  • Masuk di ASUSTek Easy Flash Utility, pilih flashdisk di kotak sebelah kiri dan pilih file BIOS dikotak sebelah kanan (dengan menggunakan tombol arah) kemudian Enter
  • Tunggu proses update / flashing BIOS (Start Erasing Flash, Start Programing Flash, dan Finish verifying) sampai selesai (± 3 menit) dan akan shutdown dengan sendirinya. (lihat video dibawah untuk lebih jelasnya)

Setting Boot ASUS X200  ke Flashdisk

Setelah proses Update BIOS selesai, langkah selanjutnya yaitu setting boot ke flashdisk. Setting boot disinilah kuncinya.

  1. Masuk ke BIOS (tekan F2 setelah tombol Power dipencet)
  2. Pada tab Advanced geser ke OS selection pilih Windows yang ingin Anda install (disini saya menginstal Windows 7)
  3. Tekan Enter pada USB configuration
  4. Pada XHCI Mode pilih Disable kemudian tekan ESC pada keyboard
  5. Pada tab Boot, jadikan flashdisk yang berisi windows berada pada posisi Boot Options #1
  6. Tekan Enter pada Hard Dribe BBS Priorities kemudian jadikan flashdisk yang berisi windows berada pada posisi Boot Options #1
  7. Tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan.
  8. Setelah restart, jika akan muncul Pres any keys … maka silahkan tekan Enter atau tekan tombol apa saja pada keyboard.
  9. Selanjutnya proses Install Windows di asus x200

Video cara install Windows di ASUS X200

Cah Qeenee

Update artikel dari blog ini selalu saya bagikan (share) di Facebook Fans Page, Twitter dan Google Plus. Silahkan follow saya agar tidak ketinggalan info updatenya!

Comments 22

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Gan pnyaku aus 453s, stelah kucoba buat start easy flash, trus byka flashdisk tpi gk ad biosnya, pdhal sudah ku masukan bios

        1. Ohh yg habis update bios itu ya? Itu saya lompat karena setelah update bios, laptop restart tapi lama hidupnya jadi saya matikan manual biar lebih cepat hidupnya dengan menekan lama tombol power.

  2. gan.. bios x200ma yg 506 link officialnya mati gan.. pliss mintol banget gan diupload yg versi zippyshare atau media fire gan

  3. Ajiiibb. Sangat bermanfaat!!! Cuma yg aku tanpa update BIOS, jd langsung ke langkah selanjutnya. Terima Kasih…

  4. Gan ane baru beli lepi asus x454ya amd a8 free dos,di booting option 1 udah dvd rom & booting option 2 hd,udh di save change trus save & exit,restart tapi knp ga brbah setingannya ttp c1 : hd & d 2 : hd jg,mhn utk penjelasannya

    1. Sepertinya proses update belum finis itu gan.. harusnya setelah update tidak meminta update lagi
      Nhaa kecuali ada versi bios terbaru lagi.. bisa minta update lagi..

Cara Install Windows di ASUS X200